Rabu, 26 Oktober 2011

6 C yang harus dimiliki pengemban dakwah


Assalamu ‘alaikum warahmatullah wa barakatuhu

Saudaraku para pengemban dakwah yang di rahmati Allah, saya mau sedikit berbagi nih, semoga bermanfaat dan dapat di ambil hikmahnya. Kalau ada kesalahan tolong koreksinya ya.

1. C yang pertama adalah Competitive
Seorang pengemban dakwah haruslah mampu berkompetensi dalam skala regional maupun nasional. Tidak hanya berdakwah di sekitar tempat tinggalnya saja, tapi harus terus bergerak dan tidak pasif.
Berkompetensi bersama teman-teman seperjuangannya agar dawah yang di embannya segera terwujud dan juga menjadi yang terbaik di antara yang terbaik.
Tak kenal lelah dan terus berjuang menjadi garda terdepan dalam kompetisi meraih kebaikan.

2. C yang kedua adalah Confident
Seorang pengemban dakwah haruslah menjadi orang yang berperan dalam perubahan yang di harapkannya, yaitu menjadikan ummat ini kembali melanjutkan kehidupan islam.
Seorang menjadi pejuang, bukan seorang komentator dari perjuangan teman-temannya seperjuangan, bukan sekedar yang biasa-biasa saja, tapi haruslah menjadi yang luar biasa.

3. C yang ketiga adalah Customer Focus
Seorang pengemban dakwah haruslah berorientasi pada kepentingan ummat dan berkomitmen untuk memberikan yang terbaik kepada ummat, tidak berleha-leha dan menomor duakan kepentingan ummat dalam dakwahnya. Ia pun selalu focus pada dakwahnya hanya untuk ummat, bukan untuk kepentingan pribadi, popularitas, apalagi kepentingan kelompok.

4. C yang ke empat adalah Comersial
Maksudnya adalah bukan untuk mengkomersilkan dakwah menjadi mata pencaharian, tapi menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial. Dimana dakwahnya memiliki nilai jual yang tinggi sehingga dilirik oleh ummat. Dan mampu mengambil keputusan sesuai dengan prinsip-prinsip yang telah di tetapkan dalam islam (hukum syara).

5. C yang kelima adalah Capable.
Seorang pengemban dakwah haruslah menjadikan Qiyadah Fikriyah sebagai pemimpin dalam geraknya mendakwahi ummat, sehingga bisa menjadi seorang pengemban dakwah yang professional dan memiliki talenta, dan juga memiliki penguasaan tsaqofah islam yang dalam dan memahami teknis terbaik dalam menyampaikan dakwahnya agar tidak menyimpang dari yang telah di contohkan.

6. C yang ke enam adalah Calm.
Tenang dan penuh perhitungan dalam menghadapi segala hambatan, dan tidak anarkis dalam menyampaikan dakwahnya. Berjalan lurus dan tidak tergesa-gesa, tapi mampu berjalan cepat dan tidak terprofokasi oleh gangguan yang dating menghampirinya.
Saudaraku, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada anda semua. Jika ada yang perlu di perbaiki atau di tambah, silahkan.
Jika ada kesalahan itu datangnya dari diri saya pribadi yang dhaif ini, dan jika benar itu datangnya dari Allah.
Wallahu ‘Alam bih showab.

_source, dini's blog

Tidak ada komentar:

Posting Komentar